Senin, 24 Maret 2014

Banda Aceh Blog Competition 2014




Tentang Lomba

Latar Belakang :

Banda Aceh yang merupakan ibukota provinsi Aceh memiliki beragam objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Posisinya yang strategis menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu destinasi utama jika hendak ke Aceh. Melihat potensi ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh giat memilah dan memilih strategi yang pas untuk dapat memaksimalkannya, salah satunya adalah dengan mengarahkan para tamu (visitors) untuk melirik potensi wisata.

Selain memiliki berbagai situs wisata budaya/heritage peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam dan masa penjajahan Belanda/Jepang, Banda Aceh juga memiliki tujuan wisata lainnya seperti situs tsunami, kuliner, religi, belanja, dan wisata bahari.

Seiring perkembangan zaman, promosi wisata tidak lagi dilakukan melalui media cetak tetapi juga memanfaatkan fasilitas media sosial seperti blog. Banda Aceh sebagai ibukota provinsi Aceh sudah sepatutnya mendapat porsi promosi yang lebih dibandingkan dengan kabupaten/kota lain, mengingat kota ini merupakan pintu masuknya wisatawan ke beberapa daerah di ujung barat Indonesia. Dengan menuliskan bermacam informasi tentang objek wisata yang ada di Banda Aceh, diharapkan dapat mempermudah wisatawan lokal maupun manca negara untuk mendapatkan referensi tentang daerah tujuannya.

Sejalan dengan program Visit Banda Aceh 2014, Disbudpar Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Komunitas GamInong Blogger menggelar Banda Aceh Blog Competition  dengan tema:

“Charming Banda Aceh, tulis dan perkenalkan Banda Aceh ban sigom donya

Dari tema besar tersebut, para blogger bisa mengambil salah satu sub tema berikut:
Wisata Religi,   Wisata Tsunami, Wisata Budaya, Wisata Heritage , Wisata Bahari, Wisata Kuliner, dan   Wisata Belanja

Tujuan dan Manfaat :

Dengan adanya lomba blog ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat tentang objek wisata yang ada di Banda Aceh dan menjadi referensi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Banda Aceh.


Syarat & Ketentuan


Tema Lomba : 

 

Charming Banda Aceh, Tulis dan Perkenalkan Banda Aceh Ban Sigom Donya


Sub Tema :

  Wisata Religi                             Wisata Tsunami                                          
  Wisata Budaya                          Wisata Heritage                    
  Wisata Bahari                            Wisata Kuliner
  Wisata Belanja                          Wisata Alam

Syarat dan Ketentuan Lomba :

Peserta adalah Blogger Indonesia, mengelola blog sendiri, dan bukan blog komunitas/blog bersama.

Peserta menuliskan minimal 1 buah postingan blog sesuai dengan tema dan sub tema yang ditetapkan. Peserta bisa mengupas dari berbagai sisi, misalnya lokasi, fasilitas, keunikan atau aspek lainnya.

Tulisan dapat berupa feature, opini, reportase,  atau cerita pengalaman yang dituliskan dalam Bahasa Indonesia.

Panjang tulisan minimal 750 kata dan menampilkan foto/ilustrasi yang sesuai.

Kirimkan Nama Lengkap, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat, dan Link/Url tulisan yang dilombakan ke email lombablogbna@gmail.com dengan subject : Banda Aceh Blog Competition 2014

Artikel blog yang ikut dilombakan wajib diposting di twitter peserta lomba dengan mention @babc2014 dan Hashtag #CharmingBandaAceh. Contoh: Menapak Jejak Kelahiran Kota Banda Aceh http://wp.me/p4pOnS-w #CharmingBandaAceh @babc2014

Peserta lomba juga wajib memfollow twitter @babc2014 dan like fanpage facebook Banda Aceh Blogger Competition
Peserta wajib memasang banner Banda Aceh Blog Competition 2014 pada widget sidebar blog atau di dalam postingan sebagai tanda keikutsertaan kontes. Untuk mendapatkan script banner klik di sini

Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun sebelumnya, atau diikutkan dalam lomba sejenis.

Tulisan yang dapat diikutkan dalam lomba dipublikasikan mulai dari 01 Maret 2014 dan setelahnya.

Pelaksana dan penyelenggara berhak mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama, dan sesudah penjurian dilakukan apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan yang ditetapkan dalam ketentuan lomba ini.

Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Periode Lomba

Lomba dibuka mulai tanggal 22 Maret 2014 sampai 30 April 2014



Peserta wajib memasang banner Banda Aceh Blog Competition 2014 pada widget sidebar blog atau di dalam postingan sebagai tanda keikutsertaan kontes 



Silahkan copy kode di bawah ini dan paste ke widget text. Untuk menampilkannya di badan postingan, pilih tab ‘ Text’ lalu copy paste pada editor postingannya.




Orisinalitas ide, keaslian dan keunikan ide sangat diutamakan.
 
Kesesuaian tema, tulisan harus sesuai dengan tema dan subtema yang telah ditentukan.

Ruang lingkup/perspektif tulisan, kemampuan blogger dalam menyorot persoalan atau tema/subtema sangat dipertimbangkan.

Teknik Penyajian dan kesesuaian template blog, gaya bahasa, penggunaan kata dan kalimat, serta tampilan blog, font, warna, template, dan desain akan memberikan nilai tambah.

Kesesuaian dengan perspektif promosi online, kemampuan blogger dalam mendesain model postingan yang dapat memudahkan pencarian di internet.

Untuk blogger favorit dibagi menjadi 2 kategori

1. Terkreatif : penilaian dilakukan tidak hanya berdasarkan materi tulisan yang dilombakan tetapi juga kekreatifan penulis dalam memvisualisasikan atau menarik perhatian pembaca seperti dengan menambahkan video, karikatur, dll.

2.  Teraktif : penilaian dilakukan tidak hanya berdasarkan materi tulisan yang dilombakan tetapi juga dilihat dari keaktivan penulis dalam mempromosikan tulisannya lewat media sosial yang lain seperti facebook, twitter, path, G+, dan jumlah komentar dari blogger lain.




1.  Pemenang I : Rp 4.000.000,-
2.  Pemenang II : Rp 3.000.000,-
3.  Pemenang III : Rp 2.000.000,-
4.  5 (lima) tulisan favorit : @Rp 1.000,000,-
5.  10 Pemenang Hiburan : @Rp 200.000

6 komentar:

  1. Sukses selalu buat lombanya dan semoga terus bisa menjadi sarana promosi wisata bagi aceh

    BalasHapus
  2. Pemerintah daerah aceh sangat mendukung gerakan bloggernya. saya pun ingin sekali melakukan hal yang sama khusus untuk blogger di Lombok yaqng sampai saat ini belum ada komunitasnya.

    BalasHapus
  3. klik lokeravristacehparttime.blogspot.com
    untuk anda yg ingin job sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda

    BalasHapus
  4. DISKON Sambut Ramadhan Untuk Pembelian kubah masjid Enamel dan Panel,dapatkan segera di agen penjualan kami dikota anda info selengkapnya

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasinya.

    Silahkan Baca www.horassumut.com Horas Sumut News adalah Portal Berita Online Sumut Indonesia | Berita Terbaru Hari Ini Terkini Terhangat | Daerah Nasional Internasional Politik Hukum Ekonomi Olahraga Kesehatan Selebritis Kpop Di :
    www.horassumut.com

    BalasHapus
  6. anda binggung tidak tau harus bagaimana saat di rumah
    ayuk bergabung dengan kami hasilkan uang tambahan
    banyak promo menanti anda dan puluhan juta menanti anda
    bonus referal dan turn over terbesar di asia
    segera bergabung dengan kami klik di bawah ini


    AGEN POKER TERPERCAYA

    BalasHapus