Senin, 24 Maret 2014

Yang Muda yang Memimpin!

Tulisan: Muhammad Haekal Fauzie

Pada postingan kali ini aku mau sedikit cerita. Kalo dua hari yang lalu tanggal 19 Januari 2014 aku ikut gabung kedalam Organisasi Ikatan Mahasiswa kota Banda Aceh (IKAMBA). Organisasi ini udah lama terbentuk dan aku sendiri merupakan angkatan ke Delapan. 

Udah banyak banget Mahasiswa yang ikut bergabung dengan Organisasi ini. Acara ini diadakan di Aula Balai Kota Banda Aceh. Diawal acara ada semacam seminar gitu. Dengan tema: "Membangun Karakter Pemuda Berjiwa Pemimpin".



 IKAMBA LEADERSHIP TRAINING

Pas awal datang ke acara seminar tersebut aku sempat kaget ternyata ada beberapa mantan kawan SMP, SMA, juga kawan TK aku yang dulu pada ikut seminar ini juga.  

Nah jadi gini, sebelum bergabung dengan IKAMBA, kita ada seminar namanya IKAMBA LEADERSHIP TRAINING. Semacam pelatihan bagaimana menjadi seorang pemimpin.







Suasana pada saat Penyampaian Materi


Leadership? Makhluk Astral apa lagi tuh Kal?

Leadership itu bukan Makhluk Astral melainkan pemimpin yang mampu mempengaruhi sehingga mau bekerja sama dalam hal berorganisasi untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik.


Terus guna nya di buat Seminar gitu buat apa Kal?

Pingin tau? *Tanya pakek bahasa inggris*
Berhubung aku nya baik hati dan rajin menabung yauwes aku kasih tau. Nah, dibuatnya seminar ini bertujuan untuk mengasah jiwa kepemimpinan kita agar lebih tajam yang berguna buat kedepannya. "Cakep!" 

Selain itu juga masih banyak ilmu yang bisa aku serap dari kegiatan ini. Salah satunya tentang bagaimana karakter seorang pemimpin itu.


Karakter seorang Pemimpin? Jelasin dong! :(

Dari tadi nanyak-nanyak mulu nyet? Oke-oke, aku jelasin kok tenang aja. Sebagai pemuda, kita harus bisa menjadi seorang pemimpin. Karena pemuda itu sejatinya adalah pewaris estafet pemimpin. Tentu saja Pemimpin yang berkarakter. Karakter seorang Pemimpin itu ada 4 macam:


1. Punya Kecerdasan Finansial

Dari mana dana itu datang? Terus untuk apa? Sebab dalam organisasi itu butuh dana. Seorang pemimpin harus bisa mengatasinya.


2. Kecerdasan Emosional

Seorang Pemimpin itu harus dapat mengendalikan emosinya. Coba liat jaman sekarang. Banyak pemuda-pemuda yang nggak bisa ngendaliin emosinya. Mulai dari Tawuran, demo dengan anarkis merusak fasilitas umum serta bakar-bakar ban tamiya, sampai dengan maling ayam.

#Keterangan : Maling ayam abaikan.    


3. Kecerdasan Sosial

Jangan sampai karena sibuk dengan Organisasi, Ibu yang lagi sakit nggak sempat lihat, nggak punya waktu lagi dengan keluarga, nggak bisa lagi ngupil bareng kawan-kawan. Seorang pemimpin juga harus pandai mengatur waktunya.


4. Kecerdasan Spiritual

Pemimpin itu harus bisa nge-hormati Agama karena itu yang lebih utama. Jangan sibuk dengan organisasi kita lupa dengan Tuhan.

Kurang lebih 1 jam kami saling berbagi ilmu termasuk tanya jawab didalamnya. 



 Peserta Berprestasi bersama Pemateri


Setelah Seminarnya berakhir aku bareng Mahsiswa yang lainnya ikut berpartisipasi dalam game seru! Game ini masih berhubungan dengan Tema. Jadi kami dibagiin hingga menjadi beberapa kelompok. 

Setelah itu di setiap kelompok disuruh bikin River Of Live. Yaitu tentang perjalanan hidup yang diceritakan memalui ilustrasi sungai. Masih banyak lagi game-game seru diantaranya merancang tata kota, serta membuat management project sendiri

 

Sedang mengikuti Management Project
  

Lagi ngebangun Tata kota sendiri


Hampir seharian penuh aku habisin waktu buat IKAMBA. Aku dapat menyimpulkan tujuan dengan adanya organisasi IKAMBA ini adalah tempat kita meningkatkan kualitas diri dan organisasi. Karena Mahasiswa merupakan pemimpin masa depan. Selain itu yang pastinya dengan adanya IKAMBA, palingan kita bisa dapat gebetanteman baru  kan? :D

Pas di akhir acara kami diberikan sertifikat serta narsis bareng keluarga besar 
IKAMBA angkatan ke-8  

 

Yang megang Sertifikat itu paling Unyu :D
  


Keluarga besar IKAMBA angkatan ke-8 *peluk satu-satu*


Segini dulu buat hari ini. Aku tutup postingan ini dengan Quote dari Bapak Presiden kita yang Pertama :

 

 Kini Saatnya yang Muda yang Memimpin!!


Artikel ini telah ditayang pada 21 Januari 2014, di tautan berikut: http://ngehekal.blogspot.com/2014/01/yang-muda-yang-memimpin.html

3 komentar:

  1. 10 Pemuda itu, pasti The Leader? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu...calon pemimpin tangguh dimasa mendatang bg, seperti abang...hehe

      Hapus
    2. Go .. Go ... Pemuda !!!

      :-)

      Hapus